Artikel

Berkendara Hemat BBM

Cara Cerdas Berkendara Hemat BBM

Harga BBM Naik, otomatis pengeluaran bertambah. Tahukah Anda dengan merubah gaya berkendara Anda, bisa menghemat BBM yang tidak Anda duga sebelumnya ? Berikut ini beberapa tips dan trik supaya BBM Anda tidak terbuang sia-sia.

Tips Berkendara Hemat BBM
Tips Berkendara Hemat BBM
  • Tidak memanaskan mesin terlalu lama. Biasanya masing-masing mobil memiliki indicator yang memberitahu bahwa pemanasan mesin sudah cukup, kurang lebih 3-5 menit.
  • Atur terlebih dahulu rencana perjalanan Anda. Cari tahu lokasi via peta, tingkat kemacetan, jam sibuk, bahkan sampai jalan alternative jika terkena macet. dengan menghindari area macet, Anda akan sangat menghemat BBM.
  • Jangan sering rem dan gas berulang-ulang. Di saat Anda rem, akselarasi dari kecepatan nol akan lebih menambah penggunaan bensin, gunakan engine brake untuk memperlambat laju kendaraan lebih baik.
  • Tekan pedal gas secara perlahan untuk menambah kecepatan. menekan pedal secara mendadak dan cepat, akan sangat mempercepat putaran mesin sehingga BBM pun menjadi boros. Atur putaran RPM mesin di angka 1500 sampai 2000, usahakan jangan lebih dari 2000.
  • Usahakan jalan pada kecepatan stabil. Kendaraan akan lebih hemat bensin jika berjalan stabil pada kecepatan antara 60 – 80 km per jam.
  • Hindari pemakaian pendingin udara (AC) jika tidak diperlukan. Pendingin udara (AC) mobil merupakan salah satu penyumbang BBM terbesar.
  • Hindari kecepatan tinggi yang tidak perlu. kendaraan akan lebih boros jika kecepatan di atas 80 km per jam.
  • Hindari muatan berlebih di kendaraan. Jika dirasa tidak perlu, keluarkan barang-barang di kendaraan supaya kendaraan lebih ringan.
  • Cek tekanan ban sesuai rekomendasi pabrikan kendaraan. Ban yang kurang angin akan menggunakan BBM lebih banyak dari biasanya. Periksalah secara berkala tekanan ban Anda 2 minggu sekali.
  • Yang terpenting adalah jangan lupa untuk melakukan service kendaraan Anda secara berkala, performa kendaraan juga mempengaruhi penggunaan BBM kendaraan Anda. Semakin bagus performa kendaraan Anda, penggunaan BBM juga akan menjadi lebih hemat.

IntelliTrac GPS adalah merek internasional yang menyediakan layanan teknologi GPS Tracking System. Intellitrac GPS merupakan alat GPS Tracker yang mampu melacak posisi secara akurat, dengan design firmware yang handal dan khusus telah disesuaikan dengan iklim Indonesia agar tahan terhadap suhu lembab dan udara panas dalam kendaraan, sehingga alat tidak mudah rusak.

Didirikan pertama kali di Melbourne, Australia, IntelliTrac GPS telah berpengalaman selama lebih dari 20 tahun dan melayani lebih dari 1000 klien. Sejak beroperasi di Indonesia pada tahun 2012, IntelliTrac GPS telah menjangkau berbagai industri di seluruh daerah di Indonesia dan menjadi solusi GPS terdepan.

Our Address​

Kompleks Perkantoran ITC Roxy Mas Ruko Blok E2 No.25, Jalan KH Hasyim Ashari 125 Daerah Khusus Ibukota Jakarta

www.intellitrac.co.id

sales@intelllitrac.co.id
© 2018 IntelliTrac Indonesia All Rights Reserved.