GPS Tracker Tidak Akurat, Indikasi dan Cara Menanganinya

Sebagai alat pelacakan yang dapat diandalkan, GPS Tracker memberikan banyak manfaat bagi penggunanya. GPS Tracker mampu memberikan informasi lokasi kendaraan secara akurat dan real time. Kapan pun dan di mana pun. Kemudahan ini membantu pengguna mengawasi aset kendaraannya, apalagi jika terjadi tindak pencurian atau kenakalan oknum. Namun, bagaimana jika GPS Tracker tidak akurat dan lambat dalam pengiriman data? Kenali indikasi dan cara mengatasinya agar GPS Tracker kembali update.

1. Cek Status Kendaraan

GPS Tracker akan mulai mengirim data ketika kendaraan dalam kondisi menyala atau Ingintion ON. Selama kendaraan ON, pengguna dapat melacak secara real-time. Berbeda halnya ketika kendaraan dalam kondisi mati atau OFF. Kendaraan tidak dapat dilacak secara realtime namun memberikan data posisi terakhir kendaraan.

Baca juga Cara Keja GPS Tracker Ketika Mengirim Data

2. Cek jumlah satelit dan Sinyal GSM

Alat GPS menerima informasi posisi koordinat bumi dari minimal 3 satelit. Semakin besar angka satellit, maka semakin bagus pengiriman data (update). Jumlah satellit dan sinyal GSM sangat berpengaruh pada kecepatan pengiriman data atau tingkat akurasinya. Dalam beberapa kasus, kendaraan telambat mengirim data karena berada di area blankspot atau area yang tidak tersentuh sinyal komunikasi. Misalnya area basement, hutan, gunung, dsb.

3. Cek Notifikasi Power Lost

GPS tracker tidak mendapatkan daya dari sumber kelistrikan kendaraan, akibatnya GPS Tracker mati atau kehilangan daya. Indikasi powerlost banyak terjadi karena Aki dilepas atau ada pemutusan kabel GPS. Biasanya, alat GPS memiliki baterai cadangan (tergantung provider GPS), sehingga masih dapat mengirimkan data.

Di Intellitrac GPS, ketika terjadi powerlost pengguna akan mendapatkan alert sehingga bisa segera diketahui apa penyebabnya.

Baca Juga Jaminan Keamanan dan Standarisasi Intellitrac GPS Tracker

4. Sudah bayar biaya bulanan?

Bagian yang satu ini tidak boleh dilewatkan. Biaya bulanan yang ditetapkan oleh provider GPS harus dipatuhi oleh pengguna sesuai S&K yang berlaku. Adakalanya provider langsung memutus layanan jika terjadi keterlambatan pembayaran.

5. Cek, sudah maksimalkah layanan provider GPS Tracker Anda?

Saat ini cukup banyak layanan GPS Tracking System di Indonesia, dengan fitur dan harga yang menarik. Namun sudahkah provider GPS pilihan anda mampu mengatasi masalah di atas dengan cepat? Apakah GPS Tracker Anda dapat diandalkan dalam kondisi blankspot dan seberapa cepat ia mengirim data?

Baca Juga Rangkaian Produk Intellitrac

Jika belum, kenali lebih jauh produk, fitur dan layanan dari Intellitrac GPS Tracker. Tim sales kami siap memberikan solusi terbaik untuk manajemen kendaraan Anda.

📞 021-6325999
📲 0811.456.789
📧 Sales@intellitrac.co.id
💻 IntelliTrac.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *