Idling Stop Kendaraan Bikin Boros BBM, Inilah Solusinya

Idling atau berhenti terlalu lama dengan kondisi mesin nyala membuat kendaraan boros BBM. Macet, antrian bongkar muat, parkir, lampu merah adalah salah satu penyebabnya.

Saat ini ada beberapa kendaraan yang menggunakan fitur Idling Stop System (Sistem untuk mematikan mesin secara otomatis pada saat motor berhenti sejenak) untuk menghemat bahan bakar. Misalnya, ketika beberapa saat terjebak macet atau berada di lampu merah yang masa tunggunya sampai di atas 1-2 menit, kendaraan akan otomatis mematikan mesin. Namun tidak semua kendaraan dilengkapi fitur tersebut. Hanya kendaraan tertentu yang memiliki fitur Idling Stop System.

Lalu bagaimana dengan kendaraan operasional perusahaan yang tidak dilengkapi dengan teknologi tersebut? Bisakah operator mengevaluasi penggunaan BBM?

Intellitrac GPS Tracking System memiliki laporan idling/idle time yang dapat dimanfaatkan untuk mengevaluasi penggunaan BBM. Laporan ini ditarik berdasarkan:

  • Date : waktu terjadinya idling
  • Location : Nama jalan atau lokasi tempat terjadinya idling
  • Distance : Jarak tempuh kendaraan dengan pelanggaran tersebut
  • Duration : waktu tempuh kendaraan dengan pelanggaran tersebut

Fitur ini merupakan salah satu dari rangkaian fitur lainnya yang ada pada layanan GPS Tracking System dari Intellitrac. Pengguna dapat memanfaatkannya untuk mengevaluasi penggunaan bahan bakar harian, mingguan dan bulanan melalui laporan pelanggaran idling.

Temukan Fitur Menarik Lainnya di GPS TRACKING SOLUTIONS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *