Implementasi Modul GPS pada Kendaraan Bermotor Berbasis Internet of Things

Maraknya kasus pencurian kendaraan bermotor tidak terlepas dari kurangnya sistem keamanan dan perlindungan kendaraan. Pencegahan dalam pencurian tidak cukup jika hanya mengandalkan kunci ganda atau kunci kunci setir. Kendaraan perlu dilengkapi dengan perangkat teknologi yang dapat memantau dan mengontrol kendaraan secara jarak jauh. Dengan demikian pemilik kendaraan tidak perlu khawatir, karena kendaraannya memiliki tingkat keamanan yang sangat tinggi sehingga meminimalisir terjadinya kasus pencurian.

Perkembangan teknologi IoT (Internet of Things) memungkin hal tersebut dapat diimplementasikan pada kendaraan. Selain itu, dengan memanfaatkan modul GPS (Global Positioning System) di dalamnya, maka akan tercipta sistem keamanan yang canggih. Bagaimana penerapannya?

Perangkat GPS dipasang dalam dashboard kendaraan, kemudian akan dihubungkan langsung ke aki sebagai suplai daya. Untuk pengiriman data ke server, katu GSM dipasangkan dalam perangkat. Ketika perangkatkan GPS diaktifkan, perangkat GPS akan menerima informasi posisi koordinat bumi dari satelit. Kartu GSM dalam alat GPS akan mengirimkan melalui sinyal GPRS melalui tower-tower operator ke server.

Baca Juga Aplikasi Intellitrac GPS Untuk Android dan iOS, Cara Mudah Memantau Produktivitas Kendaraan

Di dalam server semua data kendaraan akan diproses terlebih dahulu untuk mendapatkan informasi lokasi, mengirimkan alert, laporan dan lainnya. Data posisi dan laporan terkait kendaraan bisa ditampilkan melalui web browser (Komputer), aplikasi desktop (Komputer), dan aplikasi Android/iOS.

Penggunaan sistem keamanan berbasis modul GPS dan IoT pada kendaraan merupakan teknologi terkini yang mulai banyak digunakan. Pemilik kendaraan dapat melacak dan memantau berbagai aktivitas kendaraan secara realtime, tidak terbatas tempat dan waktu. Jika terjadi indikasi pencurian, pengguna dapat mengontrol kendaraan dengan mematikan mesin dari jarak jauh.

Temukan produk GPS tracker yang tepat dan sesuai dengan bugdet Intellitrac GPS Tracker Products

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *