Kemenhub Wajibkan Kendaraan Umum Pakai GPS, Jika Tidak Ini Akibatnya

kemenhub

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah mewajibkan angkutan orang dengan kendaraan bermotor umum untuk memasang alat pemantau pergerakan kendaraan secara elektronik atau Global Positioning System (GPS). Dikutip dari Kontan.id, Direktur Angkutan dan Multimoda Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub Ahmad Yani mengatakan, beleid ini sudah diterapkan dan diikuti oleh perusahaan-perusahaan angkutan umum.

“Kita punya target 1 tahun. Jadi selama 1 tahun itu dia terus melakukan perbaikan-perbaikan dan penambahan GPS di kendaraan motor. Ini sesuai dengan kesepakatan dengan para operator,” tutur Yani kepada Kontan.co.id. Waktu satu tahun yang dimaksud adalah sampai Agustus 2020. Setelahnya, kendaraan bermotor umum yang tak memiliki GPS akan dikenakan sanksi atau tidak diperpanjang izinnya.

Yani pun mengakui, masih ada kendaraan bermotor umum yang belum memiliki GPS. Dia mengatakan, sesuai dengan kesepakatan para perusahaan angkutan umum dengan pemerintah, perusahaan masih diberi kesempatan dalam beberapa bulan ke depan untuk memenuhi ketentuan yang ditetapkan.

Yani menambahkan,  pemasangan GPS tersebut juga akan menjadi salah satu syarat perizinan kendaraan, baik perpanjangan ataupun yang baru. Nantinya, akan mengintegrasikan semua GPS yang ada di Indonesia.

Peraturan baru ini merupakan salah satu upaya Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk menekan angka kecelakaan pada angkutan umum dengan Sistem Manajemen Keselamatan (SMK).

Petunjuk teknis mengenai kewajiban pemasangan GPS ini sudah diatur dalam Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor:KP.2081/AJ.801/DRJD/2019. Dalam KP 2081/2019 tersebut beberapa informasi yang dimuat dalam GPS seperti pantauan kendaraan secara real time melalui google map, informasi kecepatan (odo meter) address location, dan google view street, informasi lokasi asal dan tujuan kendaraan, rute perjalanan tiap kendaraan, durasi perjalanan setiap kendaraan, mampu memberikan peringatan batas kecepatan, manajemen aset data dan pengemudi, record data perjalanan minimal 7 hari kerja dan lain sebagainya.

Sertifikat POSTEL: Jaminan Keamanan dan Standarisasi Intellitrac GPS Tracker

sertifikat postel

Sertifikat POSTEL adalah Sertifikat yang harus dibuat untuk setiap alat telekomunikasi yang mentransmisi, atau mentransmisi dan menerima spektrum radio.

Berdasarkan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika No. 5 Tahun 2013, Tentang Kelompok Alat dan Perangkat Telekomunikasi yaitu setiap alat dan perangkat telekomunikasi berbasis radio/nirkabel dan menggunakan spektrum frekuensi radio, baik itu yang dibuat, dirakit dan dimasukkan untuk diperdagangkan dan/ atau digunakan di wilayah Negara Republik Indonesia wajib memenuhi persyaratan teknis alat dan perangkat telekomunikasi.

Sebagai penyedia GPS Tracking System terkemuka, Intellitrac GPS telah dibekali dengan sertifikat POSTEL yang dikeluarkan oleh Direktorat Standarisasi Perangkat Pos dan Informatika, Kominfo.

Untuk mengecek sertifikasi izin POSTEL, silakan klik di tautan berikut Sertifikat POSTEL Intellitrac

sertifikat postel

 

Cara Mengganti Password Pada Akun Intellitrac GPS Anda

cara mengganti password

Dear Customer Data adalah aset penting bagi perusahaan Anda. Untuk menjaga informasi dan data penting yang tersimpan di dalam akun Anda, mohon secara berkala atau rutin mengganti password Anda. Bantu Amankan Akun Dari kejahatan cyber.

Berikut cara mengganti password pada akun Intellitrac GPS Anda.

Cara mengganti password

 

Idling Stop Kendaraan Bikin Boros BBM, Inilah Solusinya

idling stop

Idling atau berhenti terlalu lama dengan kondisi mesin nyala membuat kendaraan boros BBM. Macet, antrian bongkar muat, parkir, lampu merah adalah salah satu penyebabnya.

Saat ini ada beberapa kendaraan yang menggunakan fitur Idling Stop System (Sistem untuk mematikan mesin secara otomatis pada saat motor berhenti sejenak) untuk menghemat bahan bakar. Misalnya, ketika beberapa saat terjebak macet atau berada di lampu merah yang masa tunggunya sampai di atas 1-2 menit, kendaraan akan otomatis mematikan mesin. Namun tidak semua kendaraan dilengkapi fitur tersebut. Hanya kendaraan tertentu yang memiliki fitur Idling Stop System.

Lalu bagaimana dengan kendaraan operasional perusahaan yang tidak dilengkapi dengan teknologi tersebut? Bisakah operator mengevaluasi penggunaan BBM?

Intellitrac GPS Tracking System memiliki laporan idling/idle time yang dapat dimanfaatkan untuk mengevaluasi penggunaan BBM. Laporan ini ditarik berdasarkan:

  • Date : waktu terjadinya idling
  • Location : Nama jalan atau lokasi tempat terjadinya idling
  • Distance : Jarak tempuh kendaraan dengan pelanggaran tersebut
  • Duration : waktu tempuh kendaraan dengan pelanggaran tersebut

Fitur ini merupakan salah satu dari rangkaian fitur lainnya yang ada pada layanan GPS Tracking System dari Intellitrac. Pengguna dapat memanfaatkannya untuk mengevaluasi penggunaan bahan bakar harian, mingguan dan bulanan melalui laporan pelanggaran idling.

Temukan Fitur Menarik Lainnya di GPS TRACKING SOLUTIONS

Biaya pemasangan GPS Tracker, Mahal atau Terjangkau?

Biaya pemasangan GPS Tracker

Seiring meningkatnya penggunaan GPS Tracker pada kendaraan pribadi maupun kendaraan operasional bisnis, permintaan pemasangan GPS Tracker semakin meningkat. Alasannya, tentu untuk menambah keamanan dan efisiensi mobilitas kendaraan. Di antara sekian banyak layanan penyedia GPS Tracking System di Indonesia, berapakah biaya pemasangan GPS Tracker? Mahal atau terjangkau di kantong pemilik kendaraan?

Di IntelliTrac GPS, untuk area Jabodetabek dan beberapa kantor cabang (di jam kerja) dibebaskan biaya pemasangan alias GRATIS (optional)! Di luar area Jabodetabek akan dikenakan biaya sesuai lokasi instalasi. Biaya pemasangan yang dimaksud di sini adalah biaya layanan pemasangan alat oleh teknisi. Jadi belum termasuk biaya atau harga GPS Tracker per unit.

Lalu berapakah harga GPS Tracker IntelliTrac? Silakan konsultasikan kebutuhan kendaraan Anda terlebih dahulu untuk menyesuaikan GPS Tracker. Hubungi kami melalui nomor 021.632 5999/08118.456.789. Ingin mengajukan permohonan presentasi mengenai layanan IntelliTrac, silakan kirim ke sales@intellitrac.co.id.

Di Intellitrac, klien adalah mitra sehingga kami sepenuhnya memahami bisnis dan berkontribusi terhadap kesuksesan mereka. Keamanan dan kenyamanan Anda adalah prioritas kami.