Intellitrac GPS Technology, Solusi IoT Supply Chain untuk Industri Ritel

Di masa pandemi, perusahaan ritel mengalami pukulan telak. Penurunan penjualan ritel akibat pandemi tidak hanya dialami oleh Indonesia tetapi global.  Menurut Forrester, sebuah lembaga riset bisnis yang berbasis di Inggris, penjualan ritel diperkirakan turun hingga 9,6% atau setara 2,1 triliun dolar. Meski demikian, banyak perusahaan ritel mulai beroperasi kembali dan bangkit dari pandemi Covid-19.

Transformasi digital atau IoT (Internet of Things) dianggap sebagai solusi yang paling tepat untuk memulihkan industri ritel. Karena penjualan akan semakin beralih dari toko offline ke toko online. Daya tahan atau ketangguhan perusahaan ritel dan supply chain-nya akan lebih diuji lagi. Sebab bagi kebanyakan perusahaan ritel, supply chain teramat penting agar produk yang mereka jual sampai ke tangan konsumen.

Zebra Technologies Corporation mengumumkan hasil studi 12 th Annual APAC Shoper Study yang menganalisis perusahaan-perusahaan ritel dalam hal teknologi untuk memecahkan masalah kronis dalam berbelanja. Hasil studi ini menunjukkan, perusahaan ritel berencana memanfaatkan berbagai teknologi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi.

Solusi IoT Supply Chain

supply chain

Di Intellitrac, teknologi GPS Tracker telah dikembangkan sedemikian rupa sehingga dapat mendukung industri ritel. Tidak hanya pada pemantauan real time, Teknologi Intellitrac telah memungkinkan supply chain terkoordinasi dengan baik. Mulai proses perencanaan, koordinasi operator, prosedur distribusi, pelacakan real-time, hingga barang diterima oleh konsumen.

Solusi Intellitrac GPS untuk supply Chain:
1. Monitoring perjalanan dari gudang sampai ke tempat customer
2. Transfer informasi secara real time
3. Dokumentasi pengiriman dan shipment detail
4. POD (Proof of delivery) konfirmasi pengiriman barang dari mobile App
5. Report analisa perfomance

Intellitrac akan terus berinovasi dan berkomitmen penuh untuk turut memajukan perkembangan industri ritel di Indonesia. Terlebih pada masa-masa sulit akibat pandemi dan peralihan adaptasi kebiasan baru, Intellitrac siap membantu seluruh industri dan mendukung pemerintah dalam memulihkan perekonomian di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *