Dukung Smart Farming, Teknologi Canggih GPS Tracker Untuk Industri Agrikultur

Era revolusi industri 4.0, selalu dikaitkan dengan penggunaan teknologi yang terintegrasi dengan jaringan internet. Tidak terkecuali dalam industri agrikultur. Industri agrikultur kemudian mengadopsi istilah Revolusi Pertanian 4.0, dimana pertanian diharapkan melibatkan teknologi digital dalam proses pengembangannya. Konsep pengembangan pertanian yang banyak dikembangkan pada saat ini adalah konsep pertanian cerdas atau disebut smart farming.

Smart Farming digadang-gadang akan menjadi konsep wajib pertanian di masa depan. Smart farming memanfaatkan teknologi seperti big data, machine learning, dan Internet of Things (IoT) demi meningkatkan kualitas maupun kuantitas produksi dalam industri agrikultur.

Bagaimana Intellitrac GPS Mendukung Smart Farming?

Sebagai bagian dari implementasi Smart Farming, penerapan teknologi informasi manajemen operasi pada pertanian akan banyak berkutat di peralatan pertanian seperti traktor. Dalam prakteknya akan menggabungkan antara platform berbasis IoT (Internet of Things) dengan alat dan mesin pertanian (alsintan). Produsen mesin pertanian di Amerika Serikat, John Deere telah berhasil menambah fitur IoT di beberapa mesin pertaniannya.

Upgrading alat pertanian dapat berupa penggabungan dua perangkat yang dirakit berdasarkan kebutuhan atau penambahan teknologi pada suatu perangkat seperti penambahan sensor, GPS, wifi dsb) sehingga kompatibel dengan platform yang sesuai.

Baca Juga Hadapi Normal Baru, Saatnya Bisnis Beradaptasi dengan Teknologi Baru

Intellitrac, sebagai penyedia layanan GPS Tracking System terkemuka di Indonesia  menyediakan teknologi canggih dan produk berkualitas tinggi untuk mendukung industri agrikultur. Rangkaian produk Intellitrac dapat diinstalasi pada alsintan dengan fitur yang disesuaikan kebutuhan. Fitur live tracking memudahkan memantau produktivitas alsintan dan pengemudinya.

Laporan pada sistem Intellitrac sangat detail. Meliputi data pengeluaran bahan bakar, jam kerja mesin, laporan pemanfaatan, laporan pengemudi, dsb. Semua data ini dapat dianalisa dan diolah serta diintegrasikan dengan aplikasi pihak ke tiga. Pengguna juga lebih mudah memantau puluhan hingga ratusan alsintan hanya dalam satu layar, baik aplikasi android/iOS maupun web platform.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *